Langsung ke konten utama

MENDOBRAK YANG SALAH: SUARA KENABIAN



Sungguh menarik bacaan injil pada hari ini. Yesus masuk dengan kehendak bebas pergi ke Yerusalem. Sesampainya di kota, Dia pergi ke kuil, pusat kehidupan religius orang-orang. "Dia memeriksa semua hal," dengan gamblang mengevaluasi pelanggaran yang Dia temukan, tanpa bereaksi segera terhadap emosi yang tiba-tiba. Dia kembali ke Bethany untuk bermalam di sana dan Dia berdoa agar keputusanNya sesuai dengan kehendak Bapa-Nya. Dia berdoa untuk keberanian dan kekuatan untuk menghadapi penguasa Yahudi.
Para murid menilai bahwa kedatangan Yesus ke bait suci hampir merupakan tindakan bunuh diri, karena Dia berpetualang di tanah di mana musuh-musuhNYa berkuasa. Tetapi keterikatan mereka kepada Kristus lebih kuat dari ketakutan mereka; mereka tinggal bersamaNya dan mengikutiNya.

Pohon ara yang tidak berbuah?
Sebulan sebelum musim buah, tidak normal untuk mencari buah ara. Pohon ara, di musim semi, tampak begitu indah, tetapi penampakan indah ini tidak lain hanya ada daun-daun saja, tanpa buah. Mengapa Yesus mencari buah pohon ara pada musim seperti itu? Jelas belum ada buahnya. Yah..itu bukan pohon ara seperti itu yang penting, tetapi pelajaran yang Yesus ingin ilustrasikan.
Episode pohon ara dibagi menjadi dua momen, yang membingkai penghakiman Kristus pada pemujaan yang terjadi di bait suci. Kutukan pohon ara tidak dapat dipahami dengan sendirinya, terpisah dari pemurnianBait Allah. Pohon ini memiliki penampilan yang indah, dengan dedaunannya, tetapi tidak menghasilkan buah. Bagi Yesus, beribadat di bait suci itu indah dan khidmat, tetapi tidak memenuhi fungsinya untuk memperkenalkan “orang beriman ke dalam persekutuan dengan Tuhan mereka.”
Pertanyaan refleksi bagi kita:” apakah liturgi kita hanya untuk memuaskan panca indra kita, dan kemudian lupa inti dari liturgi itu sendiri?

Pemurnian Bait Suci
Sejak awal pelayanan kenabian-Nya, Yesus telah menantang ajaran para ahli Taurat dan orang-orang Farisi. Tantangan-Nya sekarang mencapai imamat tinggi, imam Saduki yang tinggi, kekuatan yang mengawasi Bait Allah dan jalannya ibadah. Campur tangan Yesus, yang mengutuk kegiatan di bait suci, setara dengan kritik-Nya terhadap para imam tinggi yang menerima kekacauan ini dan eksploitasi terhadap orang-orang beriman.

Mengulangi penolakan terhadap nabi Yeremia (7:11), Yesus menuduh penguasa telah merusak kuil itu menjadi "gua bandit." Pelecehan apa yang Yesus nyatakan? Tampaknya keluarga Anne, terutama Kayafas, imam besar pada masa Yesus, yang membawa ke kuil para pedagang, yang menjual binatang untuk pengorbanan. Sebelum inovasi ini, pedagang berdiri di luar tempat kudus.
Memiliki semacam monopoli di kuil, para pedagang, yang terkait dengan para imam, akan menggandakan harga hewan untuk pengorbanan, dibandingkan dengan harga biasa. Eksploitasi orang beriman inilah yang Yesus nyatakan. Perdagangan dan kesibukan yang tidak tahu malu ini merajalela Rumah Tuhan.
Yesus juga mengutip nabi Yesaya (56,7), yang menyatakan kehendak Tuhan di Bait Allah: "Rumahku akan menjadi rumah doa bagi semua bangsa." Yesus, tentu saja, mencela tangisan para pedagang dan bunyi-bunyi binatang yang mengusik makna doa yang sesungguhnya. Tetapi Yesus ingin, seperti nabi, untuk melenyapkan tembok pemisah, dengan tulisan yang memperingatkan orang-orang kafir akan hukuman mati jika mereka memasuki tempat itu untuk berdoa kepada Allah. Yesus menolak semua diskriminasi.
Pertanyaan refleksi lanjutan:”apakah kita sudah berani menyuarakan suara kenabian kita di tengah-tengah “budaya chaos” yang memeras masyarakat banyak? “

Yongki Wawo, MSC

38 place du Sacré-Cœur
BP 154   ISSOUDUN CEDEX
36105-FRANCE




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANDA-TANDA KEHADIRAN ALLAH DALAM HIDUP: SEBUAH PERMENUNGAN!

Saya yakin bahwa tidak seorang pun dari kita yang pernah melihat Tuhan. Ketika seseorang berkata, " Saya percaya kepada Tuhan ," dia tidak mengatakan bahwa dia memiliki bukti keberadaan Tuhan, tetapi bahwa dia memiliki iman kepadaNya. Kata " iman " berarti "percaya." Orang-orang yang percaya adalah orang-orang yang bersatu dengan Tuhan. Mereka mengalami kehadiranNya dalam hidup mereka. Mereka tidak percaya pada transendensi sederhana, atau energi, kekuatan yang tak terlihat ... tetapi mereka percaya kepada SESEORANG yang berbicara kepada mereka secara pribadi, melalui peristiwa-peristiwa hidup mereka, dalam pengalaman batin mereka. Tuhan sering dilambangkan dengan cahaya. Seperti matahari, yang tidak bisa saya tatap secara langsung, tetapi yang menerangi apa yang mengelilingi saya, Tuhan, yang tidak saya lihat, menerangi keberadaan saya dengan memberi saya "tanda-tanda" kehadiran-Nya.  Sejak awal, Tuhan berbicara kepada manusia

MENGENAL TAREKAT RGS-ANGERS

Pada hari ini, 15 Desember 2016, kami makan siang di rumah biara tempat lahirnya tarekat Kongregasi Bunda Pengasih Gembala Baik ( juga dikenal sebagai Good Shepherd Sisters – RGS ). Letaknya tidak jauh dari pastoran Santo Yoseph Angers. Pastor Gilles Crand, Pr mengantar P. Sebastian, P. Martin dan saya untuk makan siang di rumah biara yang besar itu . Komunitas itu hanya dihuni oleh 12 orang suster dari berbagai negara, yakni: India, Irlandia, Swiss, Peru, Costarika, Colombia, dan Perancis. Walaupun di biara pusatnya itu hanya dihuni oleh 12 suster, namun tarekat yang lahir di kota Angers itu, sudah menyebar di berbagai negara di dunia. Saya bertanya kepada salah satu suster asal India yang bertugas di situ mengenai jumlah anggota di seluruh dunia.   Dia mengatakan bahwa   kongregasi internasional dalam Gereja Katolik Roma itu, dulu anggotanya hampir 10,000 orang di dunia. Saat ini kira-kira hampir 4.000 hadir di 72 negara di lima benua, termasuk di Indonesia. Kongregasi

SEORANG DUDA BISA MENJADI IMAM?

P. de Vaugelas adalah seorang pastor projo keuskupan agung Bourges-Perancis Tengah.   Dia sebelumnya adalah seorang bapa keluarga yang memiliki pekerjaan top di salah satu bank Amerika di Paris. Selama masa kerja dia sudah berkeliling dunia, termasuk Indonesia. Waktu luang pun dia pernah habiskan untuk masuk dalam sekolah special di Chateroux untuk menjadi pilot. Dia jalankan itu dengan baik, dan mampu menjadi pilot dalam masa belajar hanya dalam satu tahun saja. “Saya kalau mengemudi mobil, tangan selalu siap sedia di bagiaan rem tangan, dll. Itu semua karena saya terbiasa menjadi pilot,” katanya kepadaku saat kami kembali dari l’abbey Fontgombault pada awal bulan April 2017. Yang menarik buat saya adalah sejak istrinya meninggal dia banyak berefleksi untuk menjadi imam. Dalam usianya yang tidak lagi muda (69 tahun), dia tetap rendah hati untuk meminta bimbingan rohani, termasuk meminta bimbingan rohani kepada salah satu konfrater MSC di Issoudun, Alfred Bours, MSC. Dia jug