Langsung ke konten utama

JATUH CINTA KEPADA SABDA TUHAN? KOK BISA? BAGAIMANA?




Dalam Kitab Yesaya kita membaca:” demikianlah juga firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku, itu tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi akan mengerjakan apa yang Aku maksudkan dan akan berhasil dalam apa yang Kuperintahkan kepadanya.”Yesaya 55,11). Ini adalah janji Allah sendiri ... Maka kita pun harus belajar untuk menjawabNya seperti nabi Samuel: "“Berfirmanlah, sebab hamba-Mu ini mendengar”..." (1 Samuel 3,10).

Sahabat-sahabatku yang terkasih,
Ketika dalam masa pembinaan di Manado-Sulawesi Utara, saya akrab dengan istilah "bible camp" atau "kegiatan kemah kitab Suci untuk para siswa atau pun untuk para mahasiswa. Tujuan kegiatan itu salah satunya adalah agar para peserta semakin jatuh cinta kepada Firman Tuhan. Saat ini saya berada di tanah misi, negara Perancis.  Saya sering mengalami hal yang sama, seperti di Taize, di mana ribuan anak muda dari seluruh dunia datang berdoa. Ada juga kesempatan di mana anak-anak muda itu dibagi dalam group-group untuk sharing Kitab Suci. 
Di Issoudun, tempat misiku, saya juga memiliki beberapa kenalan umat yang setia menjalankan "sharing Kitab Suci" setiap bulan. Mereka yang secara teratur berkumpul dan bersharing Kitab Suci adalah orang-orang yang luar biasa dalam pandangan saya. Mereka inilah yang menjadi "garam dan terang" dalam masyarakat Perancis yang sangat sekular. Mereka begitu setia hadir dalam misa harian. Bahkan menjadi tenaga sukarela untuk kegiatan misi di Basilika Issoudun maupun untuk kegiatan pastoral Paroki Issoudun. 

Belajar dari pengalaman mereka, saya mengajak kita semua untuk “jatuh cinta” kepada Firman Tuhan. Tujuan dari undangan saya hari ini adalah untuk memulai persaudaraan kecil di sekitar Firman Tuhan ... Kita perlu melakukan ini seperti pada masa-masa awal Gereja, ketika para murid bertemu dengan Perawan Maria untuk membagikan apa yang dikatakan dan hidup tentang Yesus! Beberapa sudah melakukannya ... mari kita bersukacita!
Tentu yang saya maksudkan di sini adalah mencintai Alkitab (Perjanjian Lama dan Baru). Kita pasti sering mendengar Sabda Tuhan pada misa setiap hari minggu. Namun, saya mengundang kita semua untuk melangkah lebih jauh dan menjadi akrab dan jatuh cinta dengan teks-teks Kitab Suci. Gereja mengajarkan kepada  kita bahwa Allah menyatakan diri-Nya, bahwa Roh Kudus mengilhami teks-teks ini. Lebih dari sekedar cerita, ini adalah pertemuan dengan seseorang yang mencintai kita dan ingin memberitahu kepada kita Firman-Nya! Firman Tuhan adalah Yesus Kristus, sebuah inkarnasi Firman, diumumkan dan diharapkan dalam Perjanjian Lama, bertemu dan sepenuhnya diungkapkan dalam Perjanjian Baru. Firman ini adalah cara hidup yang dengannya Allah datang untuk menemui kita masing-masing. Karena “Dialah Jalan, Kebenaran dan Hidup" (Yohanes 14,5).
Firman Allah adalah rujukan mendasar bagi iman kita dan kehidupan Kristen kita. Dan kita hampir mengabaikannya ... Jadi, jangan ragu, mari selami Alkitab, kita pasti akan kagum! Gereja ada di sana untuk membantu dan membimbing kita. 

Kenapa berkumpul sekitar Firman Tuhan?
Pertama-tama, untuk mendengarkan Tuhan berbicara kepada kita secara pribadi dan berbicara kepada orang lain yang hadir dalam sharing Kitab Suci! Firman Tuhan adalah Tuhan yang bergabung dengan saya, di mana saya berada, dan yang berbicara kepada saya, sendirian atau dalam kelompok.
Karena itu, berikanlah hamba-Mu hati yang bijaksana untuk memerintah umat-Mu, supaya aku dapat membedakan antara yang baik dan jahat. Sebab, siapakah yang sanggup memerintah umat-Mu yang besar ini?..." (1 Raja-Raja 3,9), itulah doa Raja Salomo. Semoga kita semua memiliki hati yang penuh perhatian untuk membedakan kehendak Tuhan, dan ingin mengimplementasikannya ...
Kedua, memiliki semangat dalam misi dan evangelisasi. Gereja selalu kembali membaca dan merenungkan Firman Tuhan. Hari ini seperti kemarin, inilah yang menjadi nutrisi pertobatan saya dan memberi energi pada evangelisasi. Tuhan ingin memberikan diriNya sendiri sehingga saya tumbuh dalam sukacita. Tuhan selalu memimpin dan tidak pernah meninggalkan umat-Nya! Firman Tuhan datang untuk mempertobatkan KITA dan mendorong KITA untuk menginjili ... ini adalah misi KITA hari ini!
Ketiga, Untuk mengenal Tuhan lebih benar, dan untuk membangun hubungan pribadi yang sejati dengan-Nya. Ini adalah tujuan hidup kita untuk semua orang, dan itu selalu dapat tumbuh dan semakin dalam; Keintiman inilah yang membuat saya hidup dan saya harus selalu memberinya makan. Itu akan menyembuhkan kita dari pandangan apa pun yang hanya bersifat manusiawi, segala dendam atau kontroversi, dan fokus pada yang esensial.
Keempat, Untuk bertemu dengan Allah dalam Firman-Nya dan mempraktikkannya adalah salah satu misi orang Kristen ... mengapa tidak melakukannya bersama dalam konteks persaudaraan? Itu tidak membutuhkan keahlian apa pun, hanya untuk mendengarkan Tuhan! " Berfirmanlah, sebab hamba-Mu ini mendengar..." kata Samuel muda (1 Samuel 3,10). 

Apa itu kelompok sharing Kitab Suci?
Ini adalah kelompok yang terdiri dari 3 hingga 6 orang yang bertemu secara teratur untuk mendengarkan Tuhan melalui Firman-Nya. Grup ini dapat dibentuk dengan teman, tetangga, umat, orang muda, orang tua ... Apa pun yang mungkin, berapa pun usia atau panggilannya! Hanya kumpulkan teman, kerabat ... atau mereka yang belum saya kenal tetapi yang mencari Tuhan (orang-orang di lingkungan saya, desa saya, komunitas saya ...). Ini adalah untuk membentuk, sejauh mungkin, sebuah kelompok kecil yang stabil yang bertemu secara berkala (setiap minggu tentu yang terbaik, setiap 15 hari, atau setiap bulan ...) untuk mendengarkan Firman Tuhan dan membagikannya dalam semangat persaudaraan. Semakin sering dan teratur, semakin baik, dan semakin mantap hasilnya!
Tiga kata kunci merupakan persaudaraan ini: Firman Tuhan (mendengarkan dan bermeditasi), Persaudaraan (berbagi hasil meditasi dalam semangat persaudaraan), Doa (sebelum berbagi dan menyampaikan niat satu sama lain). Ketiganya diartikulasikan dan saling melengkapi.
Bagaimana cara melakukannya secara konkret?
Setiap pertemuan, yang berlangsung setidaknya satu jam dan yang paling sederhana, berlangsung dalam empat tahap. Salah satu orang dari persaudaraan memimpin pertemuan.
1- Untuk berdoa pertama untuk meminta Roh Kudus untuk mencerahkan kita dan untuk memimpin kita, untuk menempatkan diri kita di hadirat Allah yang datang untuk menemui kita ... Kita memilih doa yang sederhana namun dalam, kita memasuki keheningan hati, kami memuji (atau bernyanyi!) kebaikan Tuhan ... Kesamaan waktu ini berlangsung ... waktu yang diperlukan!

2- Baca Firman Tuhan (dua atau tiga kali) perlahan dan keras, kemudian setelah itu waktu meditasi hening, bagikan.

Firman Tuhan mana yang harus dipilih? Sebuah perikop pendek: Injil pada hari Minggu berikutnya (sering kali adalah yang terbaik).
Bagaimana cara berbagi? Baca perlahan teks yang dipilih setidaknya dua kali, oleh orang yang berbeda. Luangkan waktu hening sejenak untuk membaca kembali masing-masing untuk diri Anda sendiri secara hening. Kemudian bagikan: bagaimana hal itu beresonansi dalam hidup saya hari ini? Kata apa, frasa apa yang lebih memengaruhi saya? Apa yang Tuhan katakan padaku, beritahu kepada kita hari ini? Apa yang saya temukan tentang Yesus, cintaNya? Bagaimana Firman ini membuat saya tumbuh dalam Kebenaran? Apa yang Dia ajarkan tentang orang lain? Apa yang saya simpan untuk diri saya sendiri, untuk kelompok kecil kami, untuk Gereja? Dengan apa aku akan pergi? (kata, kalimat, niat, ucapan syukur ...).

3 - Membawa dalam doa kita niat ini dan itu, kita dan orang-orang dari paroki kita, keluarga kita, orang sakit, Gereja, dunia ... Untuk berbagi dengan sederhana satu demi satu, dalam iklim doa. Bagikan mengikuti ilham Firman Tuhan yang diterima hari ini ...

4 - Luangkan waktu persaudaraan untuk menyelesaikannya: sharing, cicipi ... Ini juga sangat penting! Untuk berbagi sukacita dan mengetahui bahwa kita dikasihi oleh Allah ... dan untuk merangsang diri kita sendiri dalam keinginan untuk bersaksi di sekeliling kita.

Dan setelah itu?

Di atas segalanya, kita harus gigih ... kesetiaan adalah karakteristik cinta sejati yang paling indah ...
Di atas segalanya, janganlah kita takut untuk membiarkan Firman Tuhan melakukan pekerjaannya di dalam kita, dan untuk membangkitkan dalam diri kita panggilan Tuhan ... Firman Tuhan selalu mendorong kita untuk bertindak (dalam hidup saya sendiri dan terhadap orang lain). Firman Tuhan mengundang kita ke perubahan kehidupan, ke pertobatan sejati! Biarkan dia melakukan pekerjaannya ...
Persaudaraan kecil dalam sharing Kitab Suci seperti sel…Dengannya kita dipanggil untuk tumbuh dan membelah untuk melahirkan dua persaudaraan kecil! Mari menjadi misionaris ... Ini bukan tentang tetap "nyaman" dalam kelompok tertutup, tetapi tumbuh untuk berbagi dengan lebih baik! Berlabuh di paroki kita dan dalam persekutuan dengan keuskupan, jangan ragu untuk menghubungi imam paroki di mana kita berada, untuk berbagi dengannya, untuk mendengarkan nasihatnya, untuk menyarankan kepadanya panggilan Roh yang didengar ...

Persaudaraan kecil ini dipanggil untuk menjadi tempat sumber kekuatan di sekitar Firman Tuhan, tempat hidup persaudaraan dan doa ... untuk paroki kita!
Sebagian besar hidup kita berada dalam hubungan yang akrab dan teratur ini dengan Allah. Ini juga sumber kegembiraan sejati! Itu menyembuhkan kita dari kesedihan kita, kecemburuan kita, kebencian kita, kemiskinan kita ... Firman Tuhan, dapat diakses oleh semua orang, akan memperkenalkan kita secara mengagumkan dalam persekutuan dengan Allah. Semoga Perawan Maria, yang melahirkan Firman, membantu kita hidup dari-Nya setiap hari. Amen

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANDA-TANDA KEHADIRAN ALLAH DALAM HIDUP: SEBUAH PERMENUNGAN!

Saya yakin bahwa tidak seorang pun dari kita yang pernah melihat Tuhan. Ketika seseorang berkata, " Saya percaya kepada Tuhan ," dia tidak mengatakan bahwa dia memiliki bukti keberadaan Tuhan, tetapi bahwa dia memiliki iman kepadaNya. Kata " iman " berarti "percaya." Orang-orang yang percaya adalah orang-orang yang bersatu dengan Tuhan. Mereka mengalami kehadiranNya dalam hidup mereka. Mereka tidak percaya pada transendensi sederhana, atau energi, kekuatan yang tak terlihat ... tetapi mereka percaya kepada SESEORANG yang berbicara kepada mereka secara pribadi, melalui peristiwa-peristiwa hidup mereka, dalam pengalaman batin mereka. Tuhan sering dilambangkan dengan cahaya. Seperti matahari, yang tidak bisa saya tatap secara langsung, tetapi yang menerangi apa yang mengelilingi saya, Tuhan, yang tidak saya lihat, menerangi keberadaan saya dengan memberi saya "tanda-tanda" kehadiran-Nya.  Sejak awal, Tuhan berbicara kepada manusia

MENGENAL TAREKAT RGS-ANGERS

Pada hari ini, 15 Desember 2016, kami makan siang di rumah biara tempat lahirnya tarekat Kongregasi Bunda Pengasih Gembala Baik ( juga dikenal sebagai Good Shepherd Sisters – RGS ). Letaknya tidak jauh dari pastoran Santo Yoseph Angers. Pastor Gilles Crand, Pr mengantar P. Sebastian, P. Martin dan saya untuk makan siang di rumah biara yang besar itu . Komunitas itu hanya dihuni oleh 12 orang suster dari berbagai negara, yakni: India, Irlandia, Swiss, Peru, Costarika, Colombia, dan Perancis. Walaupun di biara pusatnya itu hanya dihuni oleh 12 suster, namun tarekat yang lahir di kota Angers itu, sudah menyebar di berbagai negara di dunia. Saya bertanya kepada salah satu suster asal India yang bertugas di situ mengenai jumlah anggota di seluruh dunia.   Dia mengatakan bahwa   kongregasi internasional dalam Gereja Katolik Roma itu, dulu anggotanya hampir 10,000 orang di dunia. Saat ini kira-kira hampir 4.000 hadir di 72 negara di lima benua, termasuk di Indonesia. Kongregasi

SEORANG DUDA BISA MENJADI IMAM?

P. de Vaugelas adalah seorang pastor projo keuskupan agung Bourges-Perancis Tengah.   Dia sebelumnya adalah seorang bapa keluarga yang memiliki pekerjaan top di salah satu bank Amerika di Paris. Selama masa kerja dia sudah berkeliling dunia, termasuk Indonesia. Waktu luang pun dia pernah habiskan untuk masuk dalam sekolah special di Chateroux untuk menjadi pilot. Dia jalankan itu dengan baik, dan mampu menjadi pilot dalam masa belajar hanya dalam satu tahun saja. “Saya kalau mengemudi mobil, tangan selalu siap sedia di bagiaan rem tangan, dll. Itu semua karena saya terbiasa menjadi pilot,” katanya kepadaku saat kami kembali dari l’abbey Fontgombault pada awal bulan April 2017. Yang menarik buat saya adalah sejak istrinya meninggal dia banyak berefleksi untuk menjadi imam. Dalam usianya yang tidak lagi muda (69 tahun), dia tetap rendah hati untuk meminta bimbingan rohani, termasuk meminta bimbingan rohani kepada salah satu konfrater MSC di Issoudun, Alfred Bours, MSC. Dia jug