Langsung ke konten utama

CIPTAAN dalam Spiritualitas Jules CHEVALIER



Tulisan berikut ini adalah sebuah intisari dari sebuah buku yang ditulis oleh Pastor André MAYOR MSC, Berdoa selama 15 hari bersama Jules Chevalier, Edisi  Nouvelle Cité, n° 62, Paris 01/2002, halaman 14. Dalam buku itu, pastor Andre mengutip kata-kata yang ditulis oleh pater Jules Chevalier sendiri dalam bukunya yang berjudul:” le Sacré-Cœur de Jésus. » Kutipan itu berbunyi : »  "Tout être créé est un mot de Dieu, voilà le sens général et commun de toute la création"

    "Setiap makhluk ciptaan adalah Sabda dari Tuhan sendiri. Itulah makna umum dan keseluruhan  dari semua ciptaan"

Melalui penciptaanlah Allah mulai "menunjukkan" diri-Nya sendiri, seperti yang dikatakan oleh Pastor Jules CHEVALIER!

... Pastor Jules CHEVALIER mengatakan: "Setiap makhluk ciptaan adalah “WORD of God" dan dia menambahkan (dengan menggunakan huruf kapital ) bahwa dari semua "Firman Tuhan", "Hati Kudus Yesus adalah yang terakhir atau puncak."  Hati ini, dipenuhi dengan "semua harta yang telah Tuhan  pusatkan padaNya ... dengan semua rahmat yang mengalir dariNya dari sumber yang tidak ada habisnya, Hati ITU tidak lain adalah Cinta".

Apakah kita ingin mengetahui "luasnya, panjang, tinggi, dalamnya" (Ef 3) dari Hati Allah? Kita perlu mengambil jalan Pastor Jules Chevalier. Kita perlu selangkah demi selangkah, pergi bersamanya dari makhluk terkecil (atom) ke yang paling agung (HATI YESUS YANG TERTIKAM). Kita perlu meninjau semuanya, "dengarkan" pada "kata" yang diceritakan oleh setiap makhluk kepada kita, dan dengan setiap penemuan baru, luangkan waktu untuk berdoa, bermeditasi, dan bersyukur. 

Setiap pembukaan baru kita menemukan sedikit lebih banyak "hati" yang Tuhan ingin tunjukkan kepada kita. Doa Pater Jules CHEVALIER adalah "perjalanan", "penjelajahan" yang maknanya muncul dalam cahaya penuh hanya di bawah sinar mentari yang menusuk Kalvari.

Kita perlu mendengar "kata-kata" yang diucapkan oleh atom, dunia dan manusia ... Begitu banyak makhluk, yang mengungkapkan, masing-masing dengan ukurannya, sesuatu dari hati Tuhan, tetapi "yang modelnya adalah Kristus).

Jika, seperti yang diyakini Pastor Jules Chevalier, Tuhan ingin mengungkapkan seluruh hatiNYA, Dia harus terus "menunjukkan diriNya lebih banyak lagi" dan Pastor Jules Chevalier tidak lain merujuk pada Inkarnasi. Yah..Firman itu menjadi manusia! Misteri itu begitu agung. Hati itu begitu dekat dengan semua orang. Yesus menjangkau semua orang. Dia Datang kepada orang sakit dan orang berdosa. Dia menyembuhkan mereka: "Datanglah kepadaku, kamu semua yang berbeban berat!" Kerumunan mengikutiNya, mereka berjalan di belakangNya, dan Dia menjadi "Gembala" yang siap untuk memberikan hidupNya dan karena Dia mencintai kita, dia menjadi bagi kita "Ekaristi setiap hari, ucapan syukur dan persembahan" untuk kemuliaan Allah dan keselamatan dunia; bahkan lebih: "Dia menjadi teman pengasingan kita ... untuk melayani kita makanan".

Pendakian terakhir! Sampai puncak Kalvari, di mana (lihat Yohanes 19) kita akan melihat hati Yesus dan hati Allah, "begitu dekat satu sama lain sehingga mereka bersatu". "Dari Hati Yesus tertembus Kalvari, Sabda yang menjelma menjadi manusia, kata Pastor Jules Chevalier, "Saya melihat munculnya dunia baru, dunia orang-orang pilihan." Dengan dan seperti dia kita akan "melihat" sementara, dari semua "firman Allah", Hati Yesus yang tertusuk adalah "yang terakhir". Setelah itu, tidak mungkin ada yang lain! Bapa benar-benar tidak memiliki hal lain untuk ditambahkan!

"Semuanya tercapai"! Menghela nafas lagi! "Salah satu prajurit mendekati Yesus dan menikam lambungNya serta memancarkan darah dan air" (Yoh 1934). Jadi, sambil menundukkan kepalaNya, Yesus mengembalikan Roh (wafat). Demikianlah kesimpulan sederhana dari hidupNya ... HidupNya, tidak ada yang mengambilnya, Dialah yang telah menyerahkannya. Untuk CINTA! Yesus sudah WAFAT, tetapi manusia baru lahir! Dunia lama hilang, dunia baru sudah lahir.

DATANGLAH manusia baru, datanglah dunia baru. Hati Yesus adalah "obat untuk semua penyakit kita", Dia telah mengalahkan maut dan kejahatan. Dia sendiri yang bisa membebaskan kita, mari kita sembuhkan melalui Dia! Sesuai dengan HATI PutraNya, "Maria, ibuNYA dan BUNDA kita, benar-benar menjadi" Bunda Hati Kudus yang menuntun kita ke sumber mata air hidup yang mengalir dari hatiNya! Datang dan minumlah  dari sumbernya! " AMEN

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANDA-TANDA KEHADIRAN ALLAH DALAM HIDUP: SEBUAH PERMENUNGAN!

Saya yakin bahwa tidak seorang pun dari kita yang pernah melihat Tuhan. Ketika seseorang berkata, " Saya percaya kepada Tuhan ," dia tidak mengatakan bahwa dia memiliki bukti keberadaan Tuhan, tetapi bahwa dia memiliki iman kepadaNya. Kata " iman " berarti "percaya." Orang-orang yang percaya adalah orang-orang yang bersatu dengan Tuhan. Mereka mengalami kehadiranNya dalam hidup mereka. Mereka tidak percaya pada transendensi sederhana, atau energi, kekuatan yang tak terlihat ... tetapi mereka percaya kepada SESEORANG yang berbicara kepada mereka secara pribadi, melalui peristiwa-peristiwa hidup mereka, dalam pengalaman batin mereka. Tuhan sering dilambangkan dengan cahaya. Seperti matahari, yang tidak bisa saya tatap secara langsung, tetapi yang menerangi apa yang mengelilingi saya, Tuhan, yang tidak saya lihat, menerangi keberadaan saya dengan memberi saya "tanda-tanda" kehadiran-Nya.  Sejak awal, Tuhan berbicara kepada manusia

MENGENAL TAREKAT RGS-ANGERS

Pada hari ini, 15 Desember 2016, kami makan siang di rumah biara tempat lahirnya tarekat Kongregasi Bunda Pengasih Gembala Baik ( juga dikenal sebagai Good Shepherd Sisters – RGS ). Letaknya tidak jauh dari pastoran Santo Yoseph Angers. Pastor Gilles Crand, Pr mengantar P. Sebastian, P. Martin dan saya untuk makan siang di rumah biara yang besar itu . Komunitas itu hanya dihuni oleh 12 orang suster dari berbagai negara, yakni: India, Irlandia, Swiss, Peru, Costarika, Colombia, dan Perancis. Walaupun di biara pusatnya itu hanya dihuni oleh 12 suster, namun tarekat yang lahir di kota Angers itu, sudah menyebar di berbagai negara di dunia. Saya bertanya kepada salah satu suster asal India yang bertugas di situ mengenai jumlah anggota di seluruh dunia.   Dia mengatakan bahwa   kongregasi internasional dalam Gereja Katolik Roma itu, dulu anggotanya hampir 10,000 orang di dunia. Saat ini kira-kira hampir 4.000 hadir di 72 negara di lima benua, termasuk di Indonesia. Kongregasi

SEORANG DUDA BISA MENJADI IMAM?

P. de Vaugelas adalah seorang pastor projo keuskupan agung Bourges-Perancis Tengah.   Dia sebelumnya adalah seorang bapa keluarga yang memiliki pekerjaan top di salah satu bank Amerika di Paris. Selama masa kerja dia sudah berkeliling dunia, termasuk Indonesia. Waktu luang pun dia pernah habiskan untuk masuk dalam sekolah special di Chateroux untuk menjadi pilot. Dia jalankan itu dengan baik, dan mampu menjadi pilot dalam masa belajar hanya dalam satu tahun saja. “Saya kalau mengemudi mobil, tangan selalu siap sedia di bagiaan rem tangan, dll. Itu semua karena saya terbiasa menjadi pilot,” katanya kepadaku saat kami kembali dari l’abbey Fontgombault pada awal bulan April 2017. Yang menarik buat saya adalah sejak istrinya meninggal dia banyak berefleksi untuk menjadi imam. Dalam usianya yang tidak lagi muda (69 tahun), dia tetap rendah hati untuk meminta bimbingan rohani, termasuk meminta bimbingan rohani kepada salah satu konfrater MSC di Issoudun, Alfred Bours, MSC. Dia jug