Langsung ke konten utama

JANGAN RAGU MEMBUAT TANDA SALIB!!




Tulisan ini terinspirasi dari kata-kataku untuk umat Issoudun-Perancis. Cerita ini bermula pada suatu sore ketika sedang beres-beres ruangan kerjaku, bel berbunyi. Saya turun ke arah ruang tamu untuk bertemu tamu tersebut. Yang datang adalah seorang ibu dan putrinya. Sebenarnya mereka ingin bertemu dengan pastor Alfred Bour, msc. Namun karena tidak ada pastor Alfred, ibu itu pun meminta saya agar berdoa kepada putrinya itu. Wajah putrinya tampak berbeban berat. Raut muka tanda ada penderitaan. Saya mempersilahkan mereka untuk bercerita. Mereka bercerita semua hal mengenai pengalaman sakit yang diderita. Sudah ada pemeriksaan dokter, namun tidak ada penjelasan ilmiah kedokteran. Intinya putrinya itu sakit. Dalam hatiku muncul inspirasi untuk mengatakan kata-kata ini:” Hal penting adalah doa. Doa adalah senjata ampuh untuk melawan kuasa gelap. Doa tidak perlu panjang-panjang. Ungkapkan saja apa yang dialami. Ketika Anda sering mimpi buruk setiap malam, jangan lupa berdoa sebelum tidur. Walau rasanya sulit untuk berdoa, tetapi hendaknya jangan lupa membuat tanda salib. Tanda salib adalah senjata ampuh untuk melumpuhkan kuasa setan.

Saya sengaja mengatakan makna tanda salib, di mana kebanyakan umat tidak sadari. Ada banyak makna dan kekuatan tanda salib:
1.      Beberapa contoh kekuatan Tanda Salib adalah saat digunakan untuk mengusir iblis, melakukan mukjizat, dan untuk menyembuhkan penyakit. Contoh yang terkemuka adalah Santo Augustine, yang memiliki dugaan credulity atau weakmindedness, bercerita tentang seorang wanita Carthage, menderita kanker, yang oleh para dokter telah dinyatakan tidak dapat disembuhkan. Dengan putus asa atas usaha laki-laki, dia meminta bantuan kepada Tuhan, yang mengenalnya menjadi dirinya sendiri pada malam Paskah sebelum dibaptiskan catecumens di dalam baptisan wanita, dan meminta salah satu dari mereka untuk membuat Tanda Salib di atas Kankernya: ini dia lakukan dan segera sembuh, mengejutkan dan tercengang dokternya.
2.      Bert Ghezzi, penulis "Sign of the Cross mengatakan bahwa Tanda salib adalah latihan dan doa yang sangat kuno. Kita tidak memiliki indikasi tentang hal itu di dalam Kitab Suci, namun St. Basil di abad keempat mengatakan bahwa kita mengetahui pertanda dari zaman para rasul dan bahwa hal itu diberikan dalam pembaptisan. Beberapa ilmuwan menafsirkan ucapan Santo Paulus bahwa dia memiliki tanda-tanda Kristus di dalam tubuhnya, dalam Galatia 6:17, karena mengacu pada tanda salib. Tanda salib selanjutnya menjadi praktik liturgis dan devosional yang penting. Tertullian mengatakan bahwa orang Kristen setiap saat harus menandai dahi mereka dengan tanda salib. Saya dapat membayangkan bahwa orang Kristen akan membuat sedikit tanda salib dengan ibu jari dan telunjuk di dahi mereka, untuk mengingatkan diri mereka bahwa mereka menjalani kehidupan untuk Kristus.

3.      Selain itu, menurut Bert Ghezzi  Tanda salib adalah: pengakuan iman; Pembaharuan baptisan; Tanda pemuridan; Penerimaan penderitaan; Sebuah pertahanan melawan iblis; Dan kemenangan atas pemanjaan diri sendiri.
4.      Bila kita membuat tanda salib, kita mengaku versi mini dari kredo – kita menaruh kepercayaan kita kepada Bapa, dan Putra dan Roh Kudus. Bila kita mengucapkan kata-kata dan berdoa dengan nama seseorang, kita menyatakan kehadiran mereka dan hadir di hadirat mereka - begitulah yang digunakan dalam Alkitab.
5.      Tanda Salib mengingatkan kita akan Trinitas Terberkati dan bahwa Anak Allah wafat di kayu Salib. Ini membangkitkan iman kita dengan keyakinan akan Persatuan dan Trinitas Allah dan Inkarnasi dan Penebusan. Ini memperkuat harapan kita dengan mengingat bahwa semua berkat dilalui lewat salib. Akhirnya, ini memberi kekuatan akan amal bakti kita yang dilambangkan dengan ketabahan dalam bertindak sebagai panji Kristus dan Sabar di dalam kemuridan Kristus.
6.      Dengan demikian, tanda salib adalah tanda pemuridan. Yesus berkata dalam Lukas 9:23, "Setiap orang yang mengikuti Aku, biarlah ia menyangkal dirinya sendiri dan memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku." Penyangkalan diri bukan hanya menyerah pada hal-hal kecil; Menjadi murid bearti kita berada di bawah kepemimpinan Kristus dan kita bukan milik kita sendiri. Dengan melakukan tanda salib, kita berkata kepada Tuhan, "Saya ingin menuruti Anda, saya akan selalu mematuhi hukum Allah, ajaran Kristus dan Gereja."
7.      Saat penderitaan datang, tanda salib adalah tanda penerimaan. Ini mengingat bahwa Yesus menjadi manusia dan menderita karena penderitaan Kristus. Tanda salib mengatakan, "Saya bersedia untuk menerima penderitaan untuk berbagi dalam penderitaan Kristus."
8.      Salah satu ajaran utama para Bapa Gereja awal adalah deklarasi pembelaan terhadap Iblis. Ketika Anda menandatangani diri Anda sendiri, Anda menyatakan kepada iblis, "Tangan, saya milik Kristus, dia adalah perlindungan saya." Ini adalah alat ofensif dan defensif.
9.      Bapa Gereja mengatakan jika Anda marah, penuh nafsu, takut, emosional atau bergulat dengan masalah kedagingan, membuat tanda salib saat tergoda dan ini akan membantu menghilangkan masalah.
Sahabat-sahabat yang baik, tanda salib digunakan oleh Episkopal, Lutheran, Metodis dan Presbyterian, khususnya dalam pembaptisan. Dalam katekismusnya yang kecil, Martin Luther merekomendasikan untuk membuat tanda salib pada waktu tidur dan hal pertama di pagi hari.
Umat Katolik menggunakan tanda salib dengan air suci saat memasuki dan keluar dari gereja. Hal ini dimaksudkan untuk berpartisipasi dalam pengorbanan besar Misa, Anda harus dibaptiskan. Menggunakan air suci untuk menandatanganinya sendiri adalah mengatakan "Saya adalah orang Kristen yang dibaptis dan saya diizinkan untuk berpartisipasi dalam pengorbanan ini."


Akhir kata:
Oleh karena itu sahabat-sahabt yang baik, buatlah tanda salib dengan sikap doa yang sejati. Ketika saya melihat atlet profesional membuat tanda salib saat bermain, saya tidak mengkritik mereka. Dikatakan bahwa semua yang saya lakukan, saya lakukan atas nama Kristus - bahkan permainan dapat dimainkan di hadirat Allah.
Ketika orang membuat tanda salib dengan santai, saya berdoa agar mereka mengenali betapa seriusnya hal itu - bahwa mereka menyatakan bahwa mereka milik Kristus, mereka ingin mematuhinya dan menerima penderitaan. Ini bukan pesona keberuntungan.
Kita perlu mengingat apa yang Yesus katakan: Jika kita malu akan Dia, dia akan merasa malu terhadap kita. Kita harus merasa percaya diri dalam membiarkan orang tahu bahwa kita adalah orang Kristen dan bahwa kita adalah milik Kristus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANDA-TANDA KEHADIRAN ALLAH DALAM HIDUP: SEBUAH PERMENUNGAN!

Saya yakin bahwa tidak seorang pun dari kita yang pernah melihat Tuhan. Ketika seseorang berkata, " Saya percaya kepada Tuhan ," dia tidak mengatakan bahwa dia memiliki bukti keberadaan Tuhan, tetapi bahwa dia memiliki iman kepadaNya. Kata " iman " berarti "percaya." Orang-orang yang percaya adalah orang-orang yang bersatu dengan Tuhan. Mereka mengalami kehadiranNya dalam hidup mereka. Mereka tidak percaya pada transendensi sederhana, atau energi, kekuatan yang tak terlihat ... tetapi mereka percaya kepada SESEORANG yang berbicara kepada mereka secara pribadi, melalui peristiwa-peristiwa hidup mereka, dalam pengalaman batin mereka. Tuhan sering dilambangkan dengan cahaya. Seperti matahari, yang tidak bisa saya tatap secara langsung, tetapi yang menerangi apa yang mengelilingi saya, Tuhan, yang tidak saya lihat, menerangi keberadaan saya dengan memberi saya "tanda-tanda" kehadiran-Nya.  Sejak awal, Tuhan berbicara kepada manusia

MENGENAL TAREKAT RGS-ANGERS

Pada hari ini, 15 Desember 2016, kami makan siang di rumah biara tempat lahirnya tarekat Kongregasi Bunda Pengasih Gembala Baik ( juga dikenal sebagai Good Shepherd Sisters – RGS ). Letaknya tidak jauh dari pastoran Santo Yoseph Angers. Pastor Gilles Crand, Pr mengantar P. Sebastian, P. Martin dan saya untuk makan siang di rumah biara yang besar itu . Komunitas itu hanya dihuni oleh 12 orang suster dari berbagai negara, yakni: India, Irlandia, Swiss, Peru, Costarika, Colombia, dan Perancis. Walaupun di biara pusatnya itu hanya dihuni oleh 12 suster, namun tarekat yang lahir di kota Angers itu, sudah menyebar di berbagai negara di dunia. Saya bertanya kepada salah satu suster asal India yang bertugas di situ mengenai jumlah anggota di seluruh dunia.   Dia mengatakan bahwa   kongregasi internasional dalam Gereja Katolik Roma itu, dulu anggotanya hampir 10,000 orang di dunia. Saat ini kira-kira hampir 4.000 hadir di 72 negara di lima benua, termasuk di Indonesia. Kongregasi

SEORANG DUDA BISA MENJADI IMAM?

P. de Vaugelas adalah seorang pastor projo keuskupan agung Bourges-Perancis Tengah.   Dia sebelumnya adalah seorang bapa keluarga yang memiliki pekerjaan top di salah satu bank Amerika di Paris. Selama masa kerja dia sudah berkeliling dunia, termasuk Indonesia. Waktu luang pun dia pernah habiskan untuk masuk dalam sekolah special di Chateroux untuk menjadi pilot. Dia jalankan itu dengan baik, dan mampu menjadi pilot dalam masa belajar hanya dalam satu tahun saja. “Saya kalau mengemudi mobil, tangan selalu siap sedia di bagiaan rem tangan, dll. Itu semua karena saya terbiasa menjadi pilot,” katanya kepadaku saat kami kembali dari l’abbey Fontgombault pada awal bulan April 2017. Yang menarik buat saya adalah sejak istrinya meninggal dia banyak berefleksi untuk menjadi imam. Dalam usianya yang tidak lagi muda (69 tahun), dia tetap rendah hati untuk meminta bimbingan rohani, termasuk meminta bimbingan rohani kepada salah satu konfrater MSC di Issoudun, Alfred Bours, MSC. Dia jug