Langsung ke konten utama

Apa yang Yesus katakan dalam doanya?-MEDITASI INJIL YOHANES 17, 11-19


Injil hari ini adalah kutipan dari doa panjang Yesus kepada BAPA-NYA sebelum Sengsara, wafat, dan kebangkitan-Nya. Itu diwariskan kepada kita sebagai bukti. Yesus mempercayakan kepada Bapa-Nya keinginan-Nya kepada mereka yang paling dicintai-Nya. 

"Mulai sekarang, Aku tidak lagi di dunia" (Yoh 17:11) kata Yesus. Pada awal Injil Yohanes, dilaporkan kepada kita bahwa Firman itu telah menjadi manusia, secara harfiah "Dia telah berkemah dan tinggal di antara kita". Tetapi dengan kuasa Kebangkitan-Nya, Dia meninggalkan dunia dan sekarang tinggal bersama Bapa-Nya. Hanya beberapa hari yang lalu kita merayakan Kenaikan-Nya ke Surga, cara mengatakan bahwa ia bersama Bapa-Nya selamanya.


Sejak saat itu, kita mungkin dilanda oleh godaan untuk merasa sendirian dan berpikir bahwa Yesus telah meninggalkan kita pada kesulitan kita. Tetapi tidak demikian. Sebelum pergi, Dia mempercayakan kita kepada Bapa-Nya, meminta-Nya untuk menjaga kita dalam Nama-Nya. Ya, dengan baptisan, kita membawa Nama Tuhan. Kita adalah putra-putri-Nya. Keajaiban yang menakjubkan! Martabat  yang kemudian dapat melampaui apa yang membuat kita dilahirkan kembali sebagai putra dan putri Bapa? 
Membawa Nama Allah berarti menjadi milik ras seseorang, keluarga ... Karena kehendak Yesus adalah kita bersatu dengan Dia dan dengan Bapa. Dan itulah tepatnya yang Dia berikan kepada kita untuk hidup dengan karunia baptisan.
Tempat baptisan di basilika Lateran Roma, dalam prasasti itu, terpahat kata-kata indah, yang menggambarkan dimensi dari panggilan pembaptisan kita orang kristiani:

"Di sini terlahir untuk surga suatu umat dari ras ilahi, diperanakkan oleh Roh yang memelihara air ini. Gereja Induk melahirkan buah perawan yang dikandung berdasarkan Roh Kudus (...). Tidak ada perbedaan antara mereka yang dilahirkan kembali: mereka adalah satu melalui satu baptisan, satu Roh, satu iman (...) »

Baptisan atau anugerah persatuan dengan Bapa dan Putra ini harus menjadi sukacita terbesar bagi kita. "Aku berbicara demikian, di dunia, sehingga mereka memiliki sukacitaku, dan bahwa mereka dipenuhi dengannya," kata Yesus. Ini mungkin tampak paradoks: Yesus pergi, Dia menjauh dari mata manusia kita, namun apa yang telah dia lakukan kepada kita - putra-putri-Nya - sudah cukup untuk mengisi kita dengan kegembiraan-Nya.

Akhirnya, Yesus menetapkan bahwa dia tidak meminta Bapa untuk menarik kita dari dunia. Itu tidak menghalangi kita untuk hidup dalam keberadaan kita, sambil menunggu untuk bergabung dengan-Nya di malam kehidupan kita. Yesus tidak secara ajaib melindungi kita dari kekhawatiran dan kesulitan. "Aku tidak berdoa agar Engkau menyingkirkan mereka dari dunia, tetapi agar Engkau menjaga mereka dari yang buruk. Ini adalah permintaan yang kita buat setiap hari dalam doa Doa Bapa Kami: "Bebaskan kami dari yang jahat. Kejahatan hadir. Dia ada di sekitar kita. Terkadang dia menyerang kita dengan kasar dan tidak adil. Yesus berdoa untuk kita karena Dia tahu kita akan menghadapinya. Ketika kita menderita, Dia berdoa bersama kita agar kita bisa dibebaskan; mengetahui bahwa pembebasan total dan pasti dari kejahatan akan diperoleh ketika kita bergabung dengan-Nya untuk kehidupan kekal. Harapan kita berlabuh dalam Kebangkitan-Nya, yaitu, dalam kemenangan-Nya atas semua kuasa jahat dan kematian.

Dialog dengan Kristus

Yesus, aku mengucap syukur kepada-Mu karena, sama seperti Engkau berdoa untuk murid-muridMu, Engkau berdoa juga dan menjadi perantara bagiku. Aku kagum pada kenyataan bahwa apa yang menjadi pokok pembicaraanMu dengan Bapa di surga adalah ... aku! Kekhawatiran terbesarMu sebelum meninggalkan dunia adalah untuk menceritakan kepada Bapa-Mu. Saya tahu  bahwa aku ditemani. Aku tahu bahwa aku tidak pernah sendirian. Aku tahu bahwa Engkaulah Emanuel, Allah besertaku dan  kami semua. Amen

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANDA-TANDA KEHADIRAN ALLAH DALAM HIDUP: SEBUAH PERMENUNGAN!

Saya yakin bahwa tidak seorang pun dari kita yang pernah melihat Tuhan. Ketika seseorang berkata, " Saya percaya kepada Tuhan ," dia tidak mengatakan bahwa dia memiliki bukti keberadaan Tuhan, tetapi bahwa dia memiliki iman kepadaNya. Kata " iman " berarti "percaya." Orang-orang yang percaya adalah orang-orang yang bersatu dengan Tuhan. Mereka mengalami kehadiranNya dalam hidup mereka. Mereka tidak percaya pada transendensi sederhana, atau energi, kekuatan yang tak terlihat ... tetapi mereka percaya kepada SESEORANG yang berbicara kepada mereka secara pribadi, melalui peristiwa-peristiwa hidup mereka, dalam pengalaman batin mereka. Tuhan sering dilambangkan dengan cahaya. Seperti matahari, yang tidak bisa saya tatap secara langsung, tetapi yang menerangi apa yang mengelilingi saya, Tuhan, yang tidak saya lihat, menerangi keberadaan saya dengan memberi saya "tanda-tanda" kehadiran-Nya.  Sejak awal, Tuhan berbicara kepada manusia

MENGENAL TAREKAT RGS-ANGERS

Pada hari ini, 15 Desember 2016, kami makan siang di rumah biara tempat lahirnya tarekat Kongregasi Bunda Pengasih Gembala Baik ( juga dikenal sebagai Good Shepherd Sisters – RGS ). Letaknya tidak jauh dari pastoran Santo Yoseph Angers. Pastor Gilles Crand, Pr mengantar P. Sebastian, P. Martin dan saya untuk makan siang di rumah biara yang besar itu . Komunitas itu hanya dihuni oleh 12 orang suster dari berbagai negara, yakni: India, Irlandia, Swiss, Peru, Costarika, Colombia, dan Perancis. Walaupun di biara pusatnya itu hanya dihuni oleh 12 suster, namun tarekat yang lahir di kota Angers itu, sudah menyebar di berbagai negara di dunia. Saya bertanya kepada salah satu suster asal India yang bertugas di situ mengenai jumlah anggota di seluruh dunia.   Dia mengatakan bahwa   kongregasi internasional dalam Gereja Katolik Roma itu, dulu anggotanya hampir 10,000 orang di dunia. Saat ini kira-kira hampir 4.000 hadir di 72 negara di lima benua, termasuk di Indonesia. Kongregasi

SEORANG DUDA BISA MENJADI IMAM?

P. de Vaugelas adalah seorang pastor projo keuskupan agung Bourges-Perancis Tengah.   Dia sebelumnya adalah seorang bapa keluarga yang memiliki pekerjaan top di salah satu bank Amerika di Paris. Selama masa kerja dia sudah berkeliling dunia, termasuk Indonesia. Waktu luang pun dia pernah habiskan untuk masuk dalam sekolah special di Chateroux untuk menjadi pilot. Dia jalankan itu dengan baik, dan mampu menjadi pilot dalam masa belajar hanya dalam satu tahun saja. “Saya kalau mengemudi mobil, tangan selalu siap sedia di bagiaan rem tangan, dll. Itu semua karena saya terbiasa menjadi pilot,” katanya kepadaku saat kami kembali dari l’abbey Fontgombault pada awal bulan April 2017. Yang menarik buat saya adalah sejak istrinya meninggal dia banyak berefleksi untuk menjadi imam. Dalam usianya yang tidak lagi muda (69 tahun), dia tetap rendah hati untuk meminta bimbingan rohani, termasuk meminta bimbingan rohani kepada salah satu konfrater MSC di Issoudun, Alfred Bours, MSC. Dia jug